Menu

Mode Gelap
Idul Adha 1445 H, KSOP Utama Belawan Qurban 9 Ekor Lembu Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Kerahkan Personel Sukseskan MTQ Terpampang Wajah 15 Oknum Polrestabes Medan Jadi Buronan Pimpinan DPRD Sumut Sebut JTP Tidak Melanggar Kode Etik Rayakan Idul Adha 1445 H Lapas Medan Potong Hewan Kurban

Berita Terkini · 27 Jul 2022 01:48 WIB · waktu baca : ·

Hoax : Presiden Jokowi Nyatakan Perang dengan Malaysia, Cek Faktanya!


 Hoax : Presiden Jokowi Nyatakan Perang dengan Malaysia, Cek Faktanya! Perbesar

Medan, NET24JAM – Akhir-akhir ini beredar sebuah video di media sosial (Medsos) yang menyebutkan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyatakan perang dengan Malaysia imbas dari puluhan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tewas.

Laman Facebook mengunggah video berjudul BVNTVT PVLVH4N WN1 T3W4S, T3P4T M4L4M 1N1 J0K0W1 NY4T4K4N P3R4NG L4W4N M4L4YS14.

Video ini dibuka dengan tulisan Indonesia Angkat Senjata. Kemudian ada pernyataan “Cerita buruk dan tentu menyakitkan, apa yang dialami pekerja migrain  kita di setiap detensi-detensi Malaysia. Bukan pertama kali terjadi. Saya sering menjemput langsung, bertemu dan berdialog dengan mereka. Tidak hanya kekerasan sebetulnya yang terjadi, tapi penghinaan verbal. Negara kita dihina..”

Pernyataan ini terkait laporan Koalisi Buruh Migran Berdaulat (KBMB) yang mengatakan puluhan Warga Negara Indonesia (WNI) meninggal di Rumah Detensi Imigrasi Sabah, Malaysia.

Baca Juga:  Emak di Belawan Aniaya 2 Anaknya Masih Balita, Begini Akhirnya!

Video tersebut tidak hanya diunggah di Facebook, video yang beredar itu pun diunggah di tiktok dan media sosial lainnya.

Kali ini, net24jam.id merangkum dari berbagai sumber soal informasi hoax yang beredar di media sosial terkait Presiden Jokowi nyatakan perang dengan Malaysia. Yuk sahabat net24jam kita cek faktanya : 

Dilansir dari laman kominfo.go.id

1. Klaim yang menyatakan imbas dari puluhan WNI tewas, maka Presiden Jokowi menyatakan perang melawan Malaysia adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan hasil suntingan terkait pemulangan WNI dari Malaysia dan upaya pencegahan tenaga kerja yang akan ditempatkan secara ilegal di Timur Tengah. 

2. Terdapat 18 WNI yang meninggal di Depot Tahanan Imigresen (DTI), Sabah sepanjang 2021. Namun, Presiden Jokowi tidak menyatakan akan perang melawan Malaysia.

Baca Juga:  Rugikan Negara 4M Kejaksaan Negeri Taput Tetapkan 2 Tersangka Kasus Korupsi Dinas Kominfo Taput.

Dilansir dari laman cekfakta.tempo.co 

1. Video tersebut sama sekali tidak berisi tentang Indonesia angkat senjata untuk berperang melawan Malaysia. Juga tidak ada pemberitaan media dan keterangan resmi terkait perang dengan Malaysia.

2. Video tersebut berisi kolase video yang menunjukkan pemulangan WNI dari Malaysia dan upaya pencegahan tenaga kerja yang akan ditempatkan secara ilegal di Timur Tengah.

3. Video pada detik 0:10 merupakan potongan pernyataan Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani. Video ini merupakan potongan wawancara yang ditayangkan Medcom.id tanggal 29 Juni 2022.

4. Potongan video menit ke-3:14, berdasarkan hasil pencarian identik dengan tayangan LENSA INDONESIA-RTV pada 13 September 2021. Dilansir RTV, BP2MI menggagalkan keberangkatan 21 pekerja ilegal asal Indonesia ke Timur Tengah.

5. Pada menit ke 6:20, terdapat potongan gambar orang pria yang sedang memapah seorang pria berbaju hitam. Hasil penelusuran menunjukkan, potongan video ini identik dengan tayangan YouTube TribunNews tanggal 4 Juni 2022.

Baca Juga:  PSDS Vs Sriwijaya FC, Skor Kacamata Hiasi Babak Pertama

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dalam keterangan resmi menjelaskan hasil pertemuan dengan Imigrasi Malaysia diperoleh data WNI yang meninggal dunia di Depot Tahanan Imigresen (DTI) di Sabah pada sepanjang 2021 sebanyak 18 orang. Sedangkan periode Januari hingga Juni 2022 sejumlah 7 orang.

Berdasarkan hasil pemeriksaan fakta, Tim Cek Fakta Tempo menyimpulkan video Buntut Puluhan WNI Tewas, Tepat Malam ini Jokowi Nyatakan Perang Lawan Malaysia ” adalah menyesatkan. 

Jadi untuk sahabat net24jam agar jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber yang terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(Ridwan)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua DPD Tipikor Indonesia Apresiasi Inspektorat Periksa Desa-Desa di Labuhanbatu

20 Juni 2024 - 09:04 WIB

Terkait Video Mesum Mirip Sekda Taput, Polisi Layangkan Surat Panggilan Ke TS.

20 Juni 2024 - 08:57 WIB

Ali dan Mail Ditangkap dalam Transaksi Sabu di Negeri Lama

20 Juni 2024 - 08:46 WIB

Turnamen Olahraga Piala Kapolres Sergai Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78

19 Juni 2024 - 20:30 WIB

Idul Adha 1445 H, KSOP Utama Belawan Qurban 9 Ekor Lembu

19 Juni 2024 - 19:07 WIB

Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Kerahkan Personel Sukseskan MTQ

19 Juni 2024 - 12:43 WIB

Trending di Berita Terkini