Menu

Mode Gelap
Didampingi Kakan Kemenag Plt Bupati Lepas 318 Jemaah Haji Labuhanbatu Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu

Tak Berkategori · 7 Jun 2021 03:05 WIB · waktu baca : ·

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, “Sekolah Sungai” Kampung Sejahtera Medan Diresmikan


 Hari Lingkungan Hidup Sedunia, “Sekolah Sungai” Kampung Sejahtera Medan Diresmikan Perbesar

Medan, NET24JAM.ID – Puluhan relawan dari sejumlah lembaga melakukan aksi bersih sampah dan menebar eco enzyme di Sungai Babura Medan, Minggu, 6 Juni 2021. Aksi bersih tersebut dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se Dunia sekaligus agenda aksi River Cleanup World 2021. 

Anggota DPRD Sumut, Rusdi Lubis bersama Kadis Kebersihan dan Pertamanan, Muhammad Husni  didampingi Lurah Petisah Tengah M. Hafiz TA Parinduri, Founder Explore Sumatera, Joni Kurniawan, Ketua P3KS Aminurasid, Koordinator VRI SUMUT, Irfan Tri Handoko, Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi, Founder B Ge Creator, Ketua FAJI Medan, Ketua FAJI Medan, M Azhim Bakhri, Direktur Pilar, Ismail dan sejumlah relawan meresmikan Sekolah Sungai Kampung Sejahtera usai melakukan aksi bersih.

Anggota DPRD Sumut yang juga Ketua KAHMI Sumut,  Rusdi Lubis mengatakan dalam melakukan aksi untuk sebuah perubahan yang lebih baik dibutuhkan keterlibatan dari banyak pihak, untuk itu KAHMI Sumut siap untuk membantu berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Baca Juga:  Diduga Judi di Marelan Point Tak Tersentuh Hukum, Kinerja Tim Gabungan TNI-Polri Dipertanyakan

Kadis Kebersihan dan Pertamanan Medan, Muhammad Husni mengatakan, kolaborasi antara pemerintah dengan sejumlah lembaga khususnya relawan sangat diperlukan dan sangat kuat untuk membuat perubahan yang lebih baik dan menjadikan keberkahan kota Medan.

“Perlu kolaborasi antara pegiat lingkungan dan pemerintah untuk efektifitas menjaga lingkungan dari kerusakan,” katanya.

Bagi Husni, jika bisa dimaksimalkan, sinergitas ini sangat membantu pemerintah, khususnya Kota Medan untuk menjamin lingkungan yang lebih baik bagi masyarakat.

Lingkungan yang baik, masih kata Husni, sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Apalagi, tidak menutup kemungkinan, upaya pelestarian lingkungan juga berdampak positif pada perekonomian masyarakat.

Ditambahkan Husni, saat melakukan pengarungan aksi bersih dari Taman PLN menuju Kampung Sejahtera Medan ada potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian terutama untuk kunjungan wisata. 

“Master plan nya telah disiapkan untuk pengembangan pariwisata di Kampung Sejahtera yang juga terkenal dengan kuliner tradisionalnya, untuk itu kita harus menjaga lingkungan terutama bantaran sungai Babura agar tampak bersih dan indah,” ungkapnya.

Baca Juga:  Warga Ramai-ramai Datangi Kantor Camat Sumbul, LKPJ Juara Purba Dipertanyakan Sehingga Camat Sumbul Pasang Badan Sebut "Saya Bertanggung Jawab".

Senada dengan itu, Ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS), Aminurasid mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi untuk menjaga lingkungan, terkhusus dibantaran sungai Babura.

Lurah Petisah Tengah, M. Hafiz TA Parinduri, mengatakan, kegiatan ini sangat positif dan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, harapannya kedepan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai khususnya masyarakat Kampung Sejahtera agar lebih aktif dan peduli dengan kebersihan sungai agar bisa dapat dimanfaatkan untuk potensi wisata baru yaitu wisata air dan dapat meningkatkan perekonomian yang ada.

“Dan terakhir saya ucapkan terima kasih kepada P3KS, dinas kebersihan dan pertamanan kota Medan, KAHMI serta unsur organisasi ataupun relawan penggiat lingkungan kedepannya agar lebih banyak berkolaborasi dengan pihak swasta,organisasi, maupun dengan pihak pemerintah untuk menjadikan Kota Medan yang bersih dan menjadi Kota Medan yang berkah,” ucap Lurah.

Baca Juga:  ASN dan Kepling Medan Petisah Door To Door Bagikan 1100 Paket Daging Qurban

Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak, ada dari legeslatif, pemerintah Kota Medan dalam hal ini Kadis Kebersihan dan Pertamanan, Lurah Petisah Tengah, dan seluruh lembaga dan akttivis lingkungan, meski telat sehari, namun semangat kebersamaan dan kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi gerakan bersama dalam melestarikan lingkungan,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut Pewarta Foto Indonesia ( PFI) Medan ikut berpartisipasi memamerkan puluhan karya foto jurnalistik dengan tema lingkungan. 

Selain itu juga di hari Lingkungan Hidup Sedunia ini juga diresmikannya Sekolah Sungai Kampung Sejahtera.   

Moment Sekolah Sungai di-launching pada Hari Lingkungan Sedunia, di lapangan Serbaguna, Kampung Sejahtera, Jalan KH. Zainul Arifin, Kota Medan, Minggu (6/6/2021). Sekolah Sungai Kampung Sejahtera resmi dilaunching pada Hari Lingkungan Sedunia.

(Red/P3KS)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terpilih Secara Aklamasi Boster Sitio Pimpin Koni Labuhanbatu Hingga 2028

28 April 2024 - 08:52 WIB

Forkopimda Labuhanbatu dan Labura Buka Puasa Bersama Kapolres Labuhanbatu

24 Maret 2024 - 09:13 WIB

Bandar Huluan Gelar Rapat Materi Sosialisasi Penggunaan ADN Dan Dana Desa Tahun 2024

20 Maret 2024 - 05:52 WIB

PTPN IV Ragional II Kebun Dolok Ilir Dan Pengusaha CV Sinar Tenera Sepakat Melakukan Perawatan Jalan Protokol

6 Maret 2024 - 11:43 WIB

Paskas Ajak Masyarakat Kota Tebing Tinggi Untuk Bersedekah

27 November 2023 - 20:03 WIB

BNN Pinjam Pakai Gedung TC Sosial Untuk Tempat Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba

5 Oktober 2023 - 11:25 WIB

Trending di Tak Berkategori