Menu

Mode Gelap
Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu Melepas Pawai Lilin Waisak 2568

Berita Terkini · 24 Jun 2022 05:43 WIB · waktu baca : ·

Gunung Misterius Setinggi 2400 Meter Ditemukan, Begini Kata Pushidrosal


 Gunung Misterius Setinggi 2400 Meter Ditemukan, Begini Kata Pushidrosal Perbesar

Jakarta, NET24JAM – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat mengungkapkan bahwa pihaknya telah menemukan sebuah gunung bawah laut di dalam perjalanan ekspedisi menuju perairan Banda, Maluku.

“KRI Rigel yang baru saja melintas dan belum sampai Banda, itu sudah menemukan gunung baru,” kata Nurhidayat dalam acara peluncuran buku hasil ekspedisi Jala Citra 1 bertajuk “Menguak Kekayaan Bawah Laut Indonesia” di Ruang Serbaguna Mas Pardi Mako Pushidrosal Jakarta Utara, belum lama ini.

Baca Juga:  M0rris Dan Kund1l Merajalela Togel Merk Toga Resahkan Warga Bosar Maligas Dan Ujung Padang

KRI Rigel-933 berlayar dari dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok Jakarta Utara pada Kamis (16/6) untuk melakukan Ekspedisi Jala Citra 2 – 2022 “Banda”. Akan tetapi, KRI Rigel telah berhasil mendeteksi keberadaan gunung bawah laut sebelum tiba di Banda.

Baca Juga:  Sidang Perkara Praka RM Akan Digelar Terbuka dan Profesional

Nurhidayat mengungkapkan bahwa tinggi gunung bawah laut diperkirakan mencapai 2,4 Kilometer, dengan kedalaman lereng atau kaki gunung mencapai 3,5 Kilometer dari permukaan laut, serta puncaknya berada di kedalaman 1 kilometer dari permukaan laut.

“Jadi, bisa dibayangkan, 2.400 meter-an tinggi gunung itu. Apakah itu gunung berapi? Apakah nanti akan terjadi letusan? Kalau, misalkan, terjadi letusan, arahnya ke mana?” ucap Nurhidayat.

Baca Juga:  Ombudsman RI Diminta Transparan Seleksi Kaper 2023

Temuan berupa gunung bawah laut tersebut lantas mengubah peta perairan Indonesia. Ia memperkirakan, sebelumnya, mungkin saja kapal survei yang digunakan hanya mampu menjangkau kedalaman 100-500 meter sehingga tidak mendeteksi keberadaan gunung tersebut.

“Begitu pakai KRI Rigel, ketemu (gunung). Jadi, itulah bagaimana dasar laut kita. Mudah-mudahan nanti di Banda juga mendapatkan temuan,” kata Nurhidayat.

Published : Ridwan

Sumber    : Antaranews 

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak

25 Mei 2024 - 19:08 WIB

Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran

25 Mei 2024 - 19:00 WIB

Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas

25 Mei 2024 - 18:40 WIB

Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu

25 Mei 2024 - 00:22 WIB

Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu Melepas Pawai Lilin Waisak 2568

25 Mei 2024 - 00:08 WIB

Manager Operasional Klarifikasi Legalitas PT Koko Samudera

24 Mei 2024 - 23:56 WIB

Trending di Berita Terkini