Menu

Mode Gelap
Wujudkan Generasi Berakhlak Mulia Melalui Hikmah Isra’ Mi’raj 1445 H Bersama Ratusan Masyarakat Plt Bupati Ikuti Senam Sehat di Car Free Day Caleg Partai PAN Dominasi Lima Kecamatan Di Deli Serdang PSI Tapanuli Utara Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu, Ada Apa? 102 Peserta Ikuti Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan Bandar Huluan

Berita Daerah · 25 Jan 2024 23:58 WIB · waktu baca : ·

Fantastis! Bimbingan Kerja Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Hasilkan Panen 300 KG Ikan Lele Budi Daya Warga Binaan


 Fantastis! Bimbingan Kerja Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Hasilkan Panen 300 KG Ikan Lele Budi Daya Warga Binaan Perbesar

NET24JAM.ID || Simalungun –Kehidupan Warga binaan tentunya tidak hanya sebatas menjalani hukuman penjara semasa pidananya. Berbagai macam kegiatan positif diterapkan sebagai bentuk pembinaan bagi warga binaan yang tengah dimasyarakatkan. Pembinaan Fisik, Mental, Intelektual, Kerohanian hingga Kemandirian warnai kehidupan warga binaan dibalik tembok pemasyarakatan. Kamis (25/1/2024)

Budi daya ikan lele merupakan salah satu bentuk pembinaan kemandirian yang di terapkan di berbagai lapas di seluruh Indonesia. Bagaimana tidak, lele merupakan kebutuhan pangan berkualitas sekaligus budi dayanya yang terbilang mudah serta ramah lingkungan. Di Lapas Pematangsiantar sendiri, budi daya ikan lele ini memanfaatkan lahan Luar Tembok lapas, serta ditenak oleh warga binaan dibawah bimbingan petugas.

Baca Juga:  Kapolres Toba Tenangkan Aksi Damai Punguan Horja Lumban Manurung

Kepala Lapas Kelas IIa Pematang Siantar, M. Pithra Jaya Saragih, tampak turun langsung ke lokasi budi daya lele didampingi kasi Giatja, H. Hutauruk. Beliau mengaku bangga atas capaian dan keberhasilan program ini.

Baca Juga:  Aniaya Saudara Kandung Warnaik Ritonga Ditahan Polsek Firdaus

“Program pembinaan kemandirian ini tidak hanya memberikan keterampilan praktis kepada warga binaan, tetapi juga membantu mereka membangun rasa tanggung jawab dan disiplin. Panen lele ini adalah bukti nyata bahwa dengan kesungguhan dan bimbingan yang tepat, para warga binaan dapat mencapai prestasi positif,” ucap Kalapas.

Panen lele tersebut merupakan wujud keberhasilan program pembinaan kemandirian di lapas yang bertujuan memberikan keterampilan kepada warga binaan. Harapannya, WBP dapat mandiri setelah menjalani hukuman. Lele yang telah dipelihara oleh para WBP sebanyak 50.000 ekor dan berhasil dipanen 300 kg yang nantinya akan dijual dan hasilnya akan dimasukkan ke PNBP.

Baca Juga:  Amankan Pemilu Polres Tebing Tinggi Gelar Operasi Mantap Brata Toba

Selama proses ini, para warga binaan juga mendapatkan pembinaan keterampilan dan pengetahuan mengenai manajemen usaha peternakan lele. Hasilnya, panen ikan lele yang dilakukan menunjukkan keberhasilan program pembinaan kemandirian.

(Bambang H)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wujudkan Generasi Berakhlak Mulia Melalui Hikmah Isra’ Mi’raj 1445 H

26 Februari 2024 - 06:05 WIB

Plt. Bupati Ellya Rosa Siregar Mengucapkan Selamat Merayakan Hari Cap Gomeh Kepada Masyarakat Tionghoa.

25 Februari 2024 - 11:35 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meresmikan Pembangun Masjid An-Nurani di Panai Tengah.

25 Februari 2024 - 11:24 WIB

1 Unit Rumah Habis di Lahap Sijago Merah

24 Februari 2024 - 13:20 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meletakan Batu Pertama Ponpes Al -Haramain.

23 Februari 2024 - 22:45 WIB

Polsek Firdaus Amankan Mesin Judi Tembak Ikan- Ikan di Desa Sei Bamban

23 Februari 2024 - 22:25 WIB

Trending di Berita Daerah