Menu

Mode Gelap
Pria di Sergai Nekat Bakar Rumah Mertua Setelah Ditolak Rujuk Sempat Viral, Polisi Tangkap Ayah Biadab Pelaku Bekap Bayi di Medan Danyon Arhanud 1 Marinir Pimpin Apel Siaga PAM Idul Fitri 1445 H Ratusan Kios di Pasar Tradisional Tarutung Ludes Terbakar Polisi Olah TKP Pasca Kebakaran Pasar Tradisional Tarutung

Berita Daerah · 23 Sep 2023 12:13 WIB · waktu baca : ·

Diduga Bawa Hasil Curian Kapal Pengangkut BBM Hangus Terbakar


 Diduga Bawa Hasil Curian Kapal Pengangkut BBM Hangus Terbakar Perbesar

NET24JAM.ID || Medan.- Di duga satu unit kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) terbakar di Kelurahan Belawan Bahagia Pajak Baru, Kecamatan Medan Belawan, Jumat (22/9/2023) malam sekitar pukul 18.30.

Kapal tersebut di duga mengangkut BBM ilegal hasil curian terbakar di saat mau membawa ke penampung di kelurahan Belawan Bahagia,namun naas terjadi belum sempat mendarat masih di alur sungai kapal pengangkut BBM tersebut sudah terbakar yang di duga bermuatan ratusan liter.

Terbakarnya kapal pengangkut BBM di duga hasil curian tersebut merupakan yang ke dua kalinya di kelurahan Bagan Deli beberapa hari lalu dan ini kedua kalinya di kelurahan Belawan Bahagia.

Belum ada keterangan dari instansi terkait mengenai penyebab kebakaran yang menghanguskan kapal yang di perkirakan ukuran kapal diatas 30 gros ton (GT) dan mencapai ratusan juta rupiah.

Sedangkan, informasi dari warga sekitar menyebutkan, percikan api dari pekerja saat mau membongkar muatan kapal diperkirakan menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

Baca Juga:  Car Free Day : Sinergitas di Labuhanbatu Gelar Sosialisasi Stop Narkoba

“Api pada awal kebakaran sangat besar dan hampir mendekati rumah warga. Untung kapal bisa cepat ditarik ketengah dan petugas pemadam datang. Kalau tidak habislah kampung kami ini,” ujar warga.

Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api dan bisa di kendalikan lalu api padam sekitar satu jam kemudian.

“Warga menyebutkan aktivitas kapal seperti yang terbakar itu sudah lama disini,” ungkap warga.

Peristiwa kebakaran yang terjadi usai waktu sholat Maghrib itu, mengundang perhatian warga yang datang beramai-ramai ke lokasi. Sebelumnya, satu unit perahu pengangkut bahan bakar minyak (BBM) curian dari pipa Pertamina, terbakar di Paluh Batam (Bagan Tambahan), Lingkungan 15, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Minggu (17/9/2023).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun perahu beserta muatannya ratusan liter BBM jenis pertalite musnah terbakar. “Awak perahu lompat ke sungai dan mereka warga Ujung Tanjung Bagan Deli,” ungkap warga.

Baca Juga:  Aniaya Warga Hingga Babak Belur incumbent Pangulu Damakitang JP alias Degal Istri dan Anaknya di Polisikan

Peristiwa terbakarnya perahu itu tidak lama setelah lima rumah milik Maulut Siregar, Yanti, Bobi Rahman, Zulkifli dan Mulyono warga Pulau Ambon, Kampung Kurnia, Lingkungan VIII, Kelurahan Belawan Bahari, Kec. Medan Belawan, terbakar.

Keterangan dari warga menyebutkan, api berasal dari salah satu rumah korban yang dijadikan sebagai lokasi penampungan BBM curian dari pipa Pertamina.

“Sebentar lagi Depo BBM Pertamina yang di Kelurahan Pekan Labuhan juga bakal terbakar kalau aksi pencurian minyak dari pipa Pertamina terus dibiarkan,” kata warga.

Selain itu, diperkirakan semua rumah warga yang berada di sekitar lintasan pipa Pertamina mulai dari Bagan Deli, Kampung Kurnia hingga Kelurahan Pekan Labuhan akan terbakar jika pipa tersebut terbakar.

“Sudah semakin menjadi- jadi ulah pencuri minyak itu. Mereka tidak perduli lagi dengan resiko yang mungkin terjadi,” ujar warga.

Baca Juga:  Polres Labuhanbatu Laksanakan Patroli dan Sosialisasikan Bahaya Narkoba di Wilayah KBN

Informasi yang terendus, minyak curian dari pipa Pertamina dijual ke penadah yang berada di Lorong Proyek dekat kawasan tempat pendaratan ikan di Kelurahan Bagan Deli. Sedangkan pencurian itu diorganisir seorang warga Lorong Veteran, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan.

Menurut warga Bagan Deli Mhd.Safri pencurian minyak tersebut di saat air sungai timpas (surut) nah disitu lah mereka beraksi melakukan pencurian dan kesempatan pengawas pipa tidak bisa patroli di sebabkan perahu patroli tidak bisa melintas akibat kandas.

Minyak dicuri dari pipa yang telah dibolongi dengan menggunakan alat khusus dan diangkut dengan menggunakan jiregen serta plastik berukuran besar untuk selanjutnya dijual ke penadah.

“Kelompok pencurian BBM dari pipa Pertamina itu sudah terorganisir dan diduga ada melibatkan oknum penjaga pipa,” ungkap warga namanya tidak mau di sebutkan.

(fendi)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pria di Sergai Nekat Bakar Rumah Mertua Setelah Ditolak Rujuk

11 April 2024 - 16:05 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meriahkan Open House di Hari Pertama Idul Fitri

11 April 2024 - 13:21 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar Sholat Ied Bersama Warga di Masjid Raya Al Ikhlas.

11 April 2024 - 10:17 WIB

PLT Bupati Hj Ellya Rosa Siregar Memeriahkan Malam Takbiran di Labuhanbatu Menyambut Idul Fitri.

10 April 2024 - 00:02 WIB

Polres Sergai Gelar Apel Pengamanan Malam Takbiran

9 April 2024 - 19:58 WIB

Sempat Viral, Polisi Tangkap Ayah Biadab Pelaku Bekap Bayi di Medan

9 April 2024 - 18:49 WIB

Trending di Berita Terkini