Menu

Mode Gelap
Idul Adha 1445 H, KSOP Utama Belawan Qurban 9 Ekor Lembu Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Kerahkan Personel Sukseskan MTQ Terpampang Wajah 15 Oknum Polrestabes Medan Jadi Buronan Pimpinan DPRD Sumut Sebut JTP Tidak Melanggar Kode Etik Rayakan Idul Adha 1445 H Lapas Medan Potong Hewan Kurban

Berita Terkini · 18 Okt 2022 16:53 WIB · waktu baca : ·

Coretan ‘Sarang Pungli’ di Polres Luwu, Kapolri : Lakukan Pendalaman


 Coretan ‘Sarang Pungli’ di Polres Luwu, Kapolri : Lakukan Pendalaman Perbesar

Polda Sulawesi Selatan mengirimkan tim untuk menyelidiki dugaan praktik pungutan liar (pungli) di lingkungan Polres Luwu. 

Jakarta, NET24JAM – Tulisan ‘Sarang Pungli’ muncul di dinding gedung Polres Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel). Coretan itu ternyata ditulis oleh anggota Polres Luwu Aipda HR.

Terkait coretannya, Aipda HR mengaku siap membuktikan tulisan ‘Sarang Pungli’ tersebut. Di sisi lain, pihak Polres Luwu sendiri mengatakan bahwa sosok yang melakukan coretan dinding tersebut mengalami gangguan mental.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merespons masukan personel Polri dan masyarakat yang meminta untuk mendalami adanya coretan ‘Sarang Pungli’ di Polres Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sigit memerintahkan Kadiv Propam Polri Irjen Syahardiantono melakukan pendalaman.

Baca Juga:  Pencurian BBM Pertamina Menuai Petaka Kebakaran di Belawan

“Ada masukan dari personel Polri dan masyarakat akan hal tersebut. Oleh sebab itu, saya sudah instruksikan kepada Kadiv Propam dan jajarannya untuk mendalami munculnya tulisan tersebut,” kata Sigit kepada wartawan, Jakarta, Senin (17/10/2022) kemarin.

Tak hanya Divisi Propam, Kapolri menyebut dirinya juga sudah memerintahkan Kapolda Sulsel untuk melakukan hal yang sama terkait dengan pendalaman hal tersebut.

Sementara itu, Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Nana Sudjana mengirim tim dari pengamanan lingkungan internal (paminal) Propam.

“Terkait hal ini kami sudah menurunkan Propam dari Paminal sudah melakukan penyelidikan dan saat ini sudah di Luwu dan kami akan mengecek dan menyelidiki akan kami sampaikan nanti hasilnya,” kata Nana, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga:  Semarakkan HUT ke 52, KORPRI TNI Gelar Donor Darah

Sejauh ini, Polda Sulsel belum mendapat laporan dari Propam terkait penyelidikan yang dilakukan di Polres Luwu. Kapolda Nana Sudjana mengaku masih menunggu hasil kerja tim yang dikirim.

Dia memastikan Polda Sulsel akan menindak tegas jika ada personil yang terbukti melakukan pungutan liar.

“Makanya kami masih dalam penyelidikan kalau terbukti akan kami tindak. Masih tunggu hasil penyelidikan dari anggota,” katanya.

Nana mengatakan Polda Sulsel juga belum bisa memeriksa Aipda HR yang mencoret-coret dinding Mapolres Luwu. Pasalnya, mantan Kanit Tipikor Satreskrim Polres Luwu itu masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dadi Makassar.

Baca Juga:  Reses Jonius Taripar Hutabarat Anggota DPRD Sumut Siap Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Taput

“Jadi ya sampai sekarang ini masih, dalam suasana kejiwaannya masih tidak labil sehingga yang bersangkutan anggota kami harapkan kesembuhan, makanya dibawa ke rumah sakit,” kata Nana.

Tim dokter kejiwaan dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dadi Makassar juga belum bisa menyimpulkan kondisi Aipda HR. Tim membutuhkan waktu setidaknya 14 hari hingga bisa mengeluarkan kesimpulan.

Editor      : Ridwan

Sumber   : detiknews & CNN Indonesia.

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua DPD Tipikor Indonesia Apresiasi Inspektorat Periksa Desa-Desa di Labuhanbatu

20 Juni 2024 - 09:04 WIB

Terkait Video Mesum Mirip Sekda Taput, Polisi Layangkan Surat Panggilan Ke TS.

20 Juni 2024 - 08:57 WIB

Ali dan Mail Ditangkap dalam Transaksi Sabu di Negeri Lama

20 Juni 2024 - 08:46 WIB

Turnamen Olahraga Piala Kapolres Sergai Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78

19 Juni 2024 - 20:30 WIB

Idul Adha 1445 H, KSOP Utama Belawan Qurban 9 Ekor Lembu

19 Juni 2024 - 19:07 WIB

Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Kerahkan Personel Sukseskan MTQ

19 Juni 2024 - 12:43 WIB

Trending di Berita Terkini