Menu

Mode Gelap
Asisten I: Peraturan Kesejahteraan Ibu dan Anak Perlu Dikuatkan dengan Undang-Undang Khusus Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK di Labuhanbatu untuk Pilkada 2024 Polsek Firdaus Sergai Amankan Dua Anggota Geng Motor Meresahkan Warga Hatonduhan Ragukan Integritas KPUD Simalungun, Diduga Langgar Kode Etik Penyelenggaraan Pemilu Picu Kemacetan Depo Milik JIU Resahkan Warga Sekitar Dan Pengguna Jalan

Berita Terkini · 30 Agu 2022 19:22 WIB · waktu baca : ·

Codex 22 B-1 : Angkatan Laut Indonesia dan Vietnam Gelar Latihan Bersama


 Codex 22 B-1 : Angkatan Laut Indonesia dan Vietnam Gelar Latihan Bersama Perbesar

Foto bersama usai safety briefing di Gedung Nakula Guskamla Koarmada I Batam.

Tanjungpinang, NET24JAM – Tingkatkan profesionalisme prajurit, TNI AL bersama Angkatan Laut Vietnam menggelar latihan bersama bertemakan Coordinated Exercise 22B-1 (Codex 22 B-1) berlokasi di Batam dan perairan Bintan.

Latihan yang dimulai sejak 30 Agustus 2022 ini dilakukan melalui beberapa kegiatan yang dimulai dengan penyambutan secara militer dan safety briefing kepada Angkatan Laut Vietnam.

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Kemas M. Ikhwan Madani dan Head of Delegation (HOD) VPN, Senior Captain Nguyen Van Ngan membuka  Latihan Bersama (Latma) CODEX 22B-I di Gedung Nakula Guskamla Koarmada I di Batam.

Baca Juga:  Momen Presiden Jokowi Kunjungi Ukraina

Laksma TNI Kemas M. Ikhwan Madani mengatakan, pentingnya Latma ini tidak hanya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit namun juga menjadi awal upaya nyata pembangunan kepercayaan (confidence building measures) kedua angkatan laut dalam menciptakan lingkungan maritim di kawasan yang aman dan damai.

“Melalui interaksi sosial antar para pengawak kapal VPN dan KRI Bung Tomo-357 diharapkan akan terjalin persahabatan dan saling memahami,” kata Laksma TNI Kemas M. Ikhwan

Baca Juga:  Plt Bupati Labuhan Batu Resmikan Gedung Baru Puskesmas Negeri Lama.

Lebih lanjut, Laksma Kemas juga menekankan agar peserta melaksanakan rangkaian kegiatan latihan sesuai rencana dan mengutamakan keselamatan.

Sementara itu, Komandan KRI Bung Tomo – 357  Kolonel Laut (P) Ludfy mengatakan bahwa Latma CODEX 22B-I merupakan latihan pertama yang diadakan antara TNI-AL dan Angkatan Laut Vietnam sehingga menjadi tonggak sejarah kerjasama militer antara TNI-AL dan Angkatan Laut Vietnam.

“Kegiatan ini melibatkan 3 unsur yang terdiri dari 2 unsur TNI-AL yaitu KRI Bung Tomo-357 , Helikopter HS1311 dan 1 kapal perang Angkatan Laut Vietnam 012-Ly Thai To,” terangnya.

Baca Juga:  Berikut 6 Tempat di Bumi Masih Belum Terungkap Keberadaannya

Pada hari pertama latihan, di KRI Bung Tomo-357 berlangsung fase darat, berupa kegiatan OCS Brief, Table Top Exercise (TTX), dan Familiarisasi Replenishment at Sea (RAS) antar perwira beserta staf Departemen Operasi kedua unsur tugas. 

“Rangkaian kegiatan tersebut diselenggarakan guna mendapatkan kesamaan pola pikir dan pola tindak di seluruh serial latihan saat manuver lapangan atau fase laut nantinya,” jelasnya.

(Charly)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Asisten I: Peraturan Kesejahteraan Ibu dan Anak Perlu Dikuatkan dengan Undang-Undang Khusus

18 Mei 2024 - 06:31 WIB

Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK di Labuhanbatu untuk Pilkada 2024

18 Mei 2024 - 06:16 WIB

Polsek Firdaus Sergai Amankan Dua Anggota Geng Motor Meresahkan

16 Mei 2024 - 17:01 WIB

Plt. Bupati Buka Muscab Ke-V HIPMI Kabupaten Labuhanbatu

15 Mei 2024 - 15:55 WIB

Plt Bupati Hadiri Launching Tahapan Pilkada, Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

15 Mei 2024 - 15:44 WIB

Begini Kata Kapolsek Firdaus Saat Dikonfirmasi Terkait Keracunan Makanan di Sergai.

13 Mei 2024 - 18:55 WIB

Trending di Berita Terkini