Menu

Mode Gelap
Saat Memasak Teh Disawah Pria Ini Tewas Tertimpa Longsor Polres Labuhanbatu Tangkap Pencuri Pupuk Dari Gudang PT. Smart Tim Gabungan SFQR Lanal Balikpapan Gagalkan Penyelundupan Kosmetik Ilegal Polisi Bekuk Pengedar Narkoba di Desa Helvetia, Sita 5 Paket Sabu Mabes Polri Dan Poldasu Temukan RumahTempat Pembuat Ekstasi

Berita Terkini · 11 Des 2023 17:30 WIB · waktu baca : ·

Catat Jadwalnya!! IKA STIKP Akan Gelar Talk Show Inklusif Hak Pilih Difabel


 Catat Jadwalnya!! IKA STIKP Akan Gelar Talk Show Inklusif Hak Pilih Difabel Perbesar

NET24JAM.ID || Medan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara memberi apresiasi dan dukungannya terhadap rencana penyelenggaraan Talkshow bertajuk “Optimalisasi Pemilih Penyandang Disabilitas (Difabel) pada Pemilu 2024 di Sumatera Utara”.

“Mengingat masih sedikit elemen masyarakat yang memberikan kepedulian dan perhatian khusus terhadap hak-hak politik masyarakat difabel,” jelas Ketua KPU Sumatera Utara Agus Arifin, melalui pers rilis yang diterima redaksi, Senin (11/12/2023). 

Acara itu direncanakan akan dilaksanakan oleh Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan (IKA STIKP) Medan pada Rabu 20 Desember 2024 di Galery & Café Pelataran Difabel Jalan Karya Kasih No 26 B Medan.

Baca Juga:  Bersama Pejabat Utama Polda Sumut Kapolres Toba Gelar Rapat Terpadu

Agus Arifin menerangkan, upaya melakukan pendidikan politik dan pengawasan terhadap proses penyelenggaraan Pemilu bukan semata-mata tugas lembaga formal seperti KPU, Bawaslu dan pemerintah, melainkan juga elemen masyarakat.

Karena itu, lanjutnya, Talk Show Optimalisasi Partisipasi Pemilih Difabel yang akan diinisiasi oleh IKA STIKP Medan patut didukung oleh semua pihak. 

“Saat ini terdapat lebih 39 ribu orang difabel yang memiliki hak suara dari lebih 10,8 juta daftar pemilih di Sumatera Utara. Karena itu, sosialisasi dan pendidikan politik bagi pemilih difabel sangat perlu didorong agar lebih optimal,” paparnya seraya menjabarkan bahwa masyarakat marginal dan difabel merupakan salah satu kelompok strategis dalam pemberian pendidikan politik dalam penyelenggaraan Pemilu, selain kelompok pemilih pemula, kaum perempuan dan agamawan.

Baca Juga:  Wabup Labuhanbatu Resmi Launching Rumah Kolaborasi Pendampingan Bumdes

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Talk Show Optimalisasi Partisipasi Pemilih Difabel pada Pemilu 2024 di Sumatera Utara, Drs Awaluddin, menyampaikan tujuan dari talkshow tersebut lebih fokus pada upaya mendorong segenap elemen masyarakat tak terkecuali para calon legislatif untuk bersama-sama dengan KPU, Bawaslu dan pemerintah untuk memberikan perhatian lebih kepada pemilih difabel.

“Selama ini kita cermati upaya pendidikan politik bagi pemilih difabel masih belum optimal, karena itu kita perlu mengawal agar tanggung jawab moral untuk memberikan pendidikan dapat dioptimalkan agar mereka cerdas memilih dan partisipasi mereka meningkat dalam dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024,” ucap Awaluddin.

Baca Juga:  Judi Ketangkasan Tembak Ikan di Jalan M. Basir Masih Tetap Eksis

SC Panitia Erwinsyah menambahkan, KPU juga perlu melakukan diseminasi informasi terkait peta sebaran pemilih difabel berdasarkan daerah pemilihan (dapil).

“Informasi ini juga diperlukan agar para caleg mengetahui dan dapat memberikan pendidikan politik bagi pemilih difabel di dapilnya masingmasing,”pungkas Erwinsyah.

Disebutkan, talk show tersebut akan mengundang pembicara kunci dari KPU Sumut, Bawaslu Sumut, Kesbangpol Provsu dan dari pihak DPD Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sumatera Utara.

(Ridwan)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Saat Memasak Teh Disawah Pria Ini Tewas Tertimpa Longsor

15 Juni 2024 - 16:30 WIB

Polres Labuhanbatu Tangkap Pencuri Pupuk Dari Gudang PT. Smart

15 Juni 2024 - 16:19 WIB

Polsek Perbaungan Tangkap Pencuri Kios Pupuk di Sergai

14 Juni 2024 - 20:59 WIB

Polres Sergai Tangkap Pelaku Penggelapan Sepeda Motor di Teluk Mengkudu

14 Juni 2024 - 17:37 WIB

Tim Gabungan SFQR Lanal Balikpapan Gagalkan Penyelundupan Kosmetik Ilegal

14 Juni 2024 - 15:33 WIB

Polisi Bekuk Pengedar Narkoba di Desa Helvetia, Sita 5 Paket Sabu

14 Juni 2024 - 15:06 WIB

Trending di Berita Terkini