Menu

Mode Gelap
Didampingi Kakan Kemenag Plt Bupati Lepas 318 Jemaah Haji Labuhanbatu Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran Kapolres Pelabuhan Belawan Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Dan Kasat Lantas Plt. Bupati Hadiri Pelantikan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu

Berita Terkini · 13 Des 2022 02:37 WIB · waktu baca : ·

BPKP dan APIP Diminta Audit Dana Desa Emplasemen Aek Nabara


 BPKP dan APIP Diminta Audit Dana Desa Emplasemen Aek Nabara Perbesar

Labuhanbatu, NET24JAM – Terkait dugaan penyalahgunaan anggaran dana desa di Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) lainnya yang terdiri dari Inspektorat Kementerian/Lembaga/Pemda, diminta untuk mengaudit dan mampu menindak oknum-oknum yang diduga melakukan penyalahgunaan anggaran dana desa di Desa Emplasemen Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu. 

Hal itu disampaikan oleh Abdillah salah seorang pemerhati kebijakan pemerintah di Sumatera Utara (Sumut), Selasa (13/12/2022).

Dikatakannya, bahwa BPKP dan APIP harus bertekad untuk mengawal keuangan desa agar proses pembangunan desa lebih akuntabel sesuai amanat Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Baca Juga:  Staf Ahli Bupati Hadiri Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad ke 1444 H, Di Halaman MTsN 1 Labuhanbatu

“Akhir-akhir ini saya melihat pemberitaan di media soal dugaan penyalahgunaan dana desa di Desa Emplasemen Aek Nabara yang berada di Kabupaten Labuhanbatu. Terkait hal itu kita meminta kepada BPKP dan APIP untuk melakukan tindakan mengaudit ataupun menindak tegas apabila terbukti,” ujar Abdillah.

Ironisnya, pasca pemberitaan dugaan penyalahgunaan anggaran dana desa tersebut, wartawan net24jam mendapatkan short message service (SMS) melalui via WhatsApp dari oknum yang tidak dikenal.

Baca Juga:  Seorang Wartawan Media Sinar Pagi Group Terancam Dipolisikan

“Jangan beritakan Desa Emplasemen boz,” tulis dalam SMS tersebut, Senin (12/12/2022).

Tak hanya itu, malah lebih mirisnya lagi, Bendahara Desa Emplasemen Aek Nabara saat dikonfirmasi awak media memberi jawaban “Itukan dapur kami bang, orang abang tidak perlu tahu”.

Padahal sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pernah mengingatkan agar setiap penggunaan dana desa harus transparan sehingga masyarakat bisa mengetahui dana yang dikucurkan pemerintah pusat untuk membangun desa tersebut direalisasikan untuk apa saja.

Selain itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajak agar wartawan juga ikut membantu penegak hukum untuk memonitoring penggunaan Anggaran Dana Desa. 

Baca Juga:  Barbut Sabu 1,16 Gram Imam Suganda Diringkus Satnarkoba Polres Belawan

Menurut KPK, keterlibatan wartawan dalam memonitoring penggunaan anggaran dana desa, akan lebih cepat diketahui.

Dari hasil penelusuran awak media, dugaan penyalahgunaan anggaran dana desa di Desa Emplasemen Aek Nabara tidak sesuai dengan spanduk realisasi penggunaan anggaran.

Dikatakan demikian, adanya poin-poin yang belum terealisasi seperti Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sub Bidang Pertanian dan Pangan yang penggunaannya hingga kini belum ada penjelasan.

(Julip Ependi/Tim)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bawaslu Medan Diduga Tetapkan Anggota Parpol Jadi Panwascam

26 Mei 2024 - 15:05 WIB

Bawaslu Kota Medan Lantik 63 Anggota Panwascam se- Kota Medan

26 Mei 2024 - 14:50 WIB

Gunakan KAI Plt Bupati Dampingi Calon Jama’ah Haji Menuju Embarkasi

26 Mei 2024 - 08:01 WIB

Didampingi Kakan Kemenag Plt Bupati Lepas 318 Jemaah Haji Labuhanbatu

26 Mei 2024 - 07:52 WIB

Bayi Laki Laki Ditemukan Warga Tergeletak di Pinggir Jalan Polres Taput Lidik Orang Tua Anak

25 Mei 2024 - 19:08 WIB

Duarrr! Diduga Gudang Oplosan Elpiji Meledak 13 Orang Jadi Korban Kebakaran

25 Mei 2024 - 19:00 WIB

Trending di News