Menu

Mode Gelap
Wujudkan Generasi Berakhlak Mulia Melalui Hikmah Isra’ Mi’raj 1445 H Bersama Ratusan Masyarakat Plt Bupati Ikuti Senam Sehat di Car Free Day Caleg Partai PAN Dominasi Lima Kecamatan Di Deli Serdang PSI Tapanuli Utara Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu, Ada Apa? 102 Peserta Ikuti Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan Bandar Huluan

Berita Daerah · 21 Des 2023 23:44 WIB · waktu baca : ·

Banjir Bandang Rusak 7 Rumah Warga di Tapanuli Utara


 Foto : TNI-POLRI meninjau langsung salah satu rumah warga yang rusak diterjang banjir bandang. Perbesar

Foto : TNI-POLRI meninjau langsung salah satu rumah warga yang rusak diterjang banjir bandang.

NET24JAM.ID || Taput – Akibat hujan yang tinggi dan berkepanjangan, banjir bandang menyasar perkampungan warga Dusun Huta Baru Lobuharambir, Desa Bonanidolok Kecamatan Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). 

Hujan lebat yang terjadi mulai Rabu 20 Desember 2023 sekitar pukul 17.00 Wib hingga Kamis Desember 2023 tersebut mengakibatkan air dari atas perbukitan meluap serta membawa batu-batuan dan kayu yang tumbang menerjang pemukiman warga. 

Kapolres Tapanuli Utara AKBP Ernis Sitinjak S.H, S.I.K, melalui Kasi Humas Ipda B. Gultom, S.H  mengungkapkan,  dalam peristiwa itu ada 7 unit rumah yang mengalami kerusakan.

Baca Juga:  Atlet Sepeda Indonesia Diharapkan Lolos Kualifikasi Olimpiade Paris 2024

“Ketujuh rumah yang rusak yaitu milik Dingin Sihombing, Ehwani Sitompul, Rudin Sitompul, Rukayah Sitompul, Lubuk Siregar, Sekber Silalahi dan Dorima Sitompul,” jelas Kasi Humas, Kamis (21/12/2023). 

Pasca Banjir Bandang Terjang Pemukiman Warga.

Di dusun itu, lanjut Kasi Humas, ada warga yang tinggal sebanyak 17 Kepala Keluarga. Namun yang mengalami kerusakan hanya 7 unit dan yang lainnya hanya terdampak banjir bercampur bebatuan. Sedangkan korban jiwa tidak ada.

Baca Juga:  Pj Gubsu Titip Pesan Penting Ini Pada Media dan Influencer

“Posisi perkampungan itu berada di bawah perbukitan sehingga saat hujan deras air datang dari atas bukit dan meluap ke kampung tersebut,” ungkapnya.

“Rabu malam, air sudah sempat surut dan warga sudah mulai tenang. Namun hujan deras dan berkepanjangan mulai kamis pagi tadi air meluap kembali. Akhirnya seluruh warga yang tinggal di dusun itu diungsikan ke kampung sebelah yang berjarak 500 meter saat ini,” jelasnya kembali.

Guna membantu warga yang terdampak banjir bandang, pihak kepolisian, TNI dan pemerintahan setempat menyediakan dapur umum. 

Baca Juga:  Fakta Terbaru Kecelakaan Maut di Simpang Exit Tol Bawean

“Petugas kepolisian kita dari Polsek Pahae Jae, Koramil Pahae Jae serta dari kantor Camat Purba Tua telah menyediakan dapur umum untuk para warga yang mengungsi sementara  serta tinggal di rumah-rumah penduduk,” terang Kasi Humas.

Hingga berita ini diterbitkan, alat berat Dinas PU Pemkab Tapanuli Utara masih di lokasi untuk membersihkan batu-batuan yang terbawa air namun aktifitas belum bisa maksimal karena cuaca masih hujan deras.

(Fesny Anwar Manalu)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wujudkan Generasi Berakhlak Mulia Melalui Hikmah Isra’ Mi’raj 1445 H

26 Februari 2024 - 06:05 WIB

Plt. Bupati Ellya Rosa Siregar Mengucapkan Selamat Merayakan Hari Cap Gomeh Kepada Masyarakat Tionghoa.

25 Februari 2024 - 11:35 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meresmikan Pembangun Masjid An-Nurani di Panai Tengah.

25 Februari 2024 - 11:24 WIB

1 Unit Rumah Habis di Lahap Sijago Merah

24 Februari 2024 - 13:20 WIB

Plt. Bupati Labuhanbatu Meletakan Batu Pertama Ponpes Al -Haramain.

23 Februari 2024 - 22:45 WIB

Polsek Firdaus Amankan Mesin Judi Tembak Ikan- Ikan di Desa Sei Bamban

23 Februari 2024 - 22:25 WIB

Trending di Berita Daerah