Menu

Mode Gelap
Asisten I: Peraturan Kesejahteraan Ibu dan Anak Perlu Dikuatkan dengan Undang-Undang Khusus Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK di Labuhanbatu untuk Pilkada 2024 Polsek Firdaus Sergai Amankan Dua Anggota Geng Motor Meresahkan Warga Hatonduhan Ragukan Integritas KPUD Simalungun, Diduga Langgar Kode Etik Penyelenggaraan Pemilu Picu Kemacetan Depo Milik JIU Resahkan Warga Sekitar Dan Pengguna Jalan

Berita Terkini · 30 Agu 2023 12:29 WIB · waktu baca : ·

Asisten I Bersama Kadis PMD Labuhanbatu Hadiri Rapat KPM Di Ruang Data Karya


 Asisten I Bersama Kadis PMD Labuhanbatu Hadiri Rapat KPM Di Ruang Data Karya Perbesar

NET24JAM.ID || Labuhanbatu-  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dibawah kepemimpinan dr. H. Erik Adtrada Ritonga MKM., terus berupaya meningkatkan kapasitas dan sumberdaya manusia masyarakat Labuhanbatu, langkah demi langkah dimulai dari dalam tubuh pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu.

Upaya dan langkah dimaksud seperti dengan terus menerus memberikan pembinaan terkait peran dan fungsi kader pembangunan manusia (KPM) dan kader posyandu.

Selasa 29 Agustus 2023, bertempat diruang data dan karya kantor Bupati Labuhanbatu jalan SM.Raja Rantauprapat Kelurahan Aek Tapa Kecamatan Rantau Selatan, mewakili Bupati Labuhanbatu dr H Erik Adtrada Ritonga MKM., Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs. Sarimpunan Ritonga, MPd., memberikan pembinaan terkait peran dan fungsi dua kader yang di nilai paling sering bersentuhan dengan masyarakat tersebut.

Baca Juga:  Helmax Alex Tampubolon Bantah Soal Tudingan Pengeroyokan

Pokok utama dalam pembinaan itu ialah peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kesehatan masyarakat dalam konvergensi penurunan dan pencegahan stunting yang dimulai dari tingkat desa.

Drs. Sarimpunan menyebutkan, kader pembangunan manusia dan kader posyandu harus senantiasa secara terus menerus melakukan pemantauan terhadap seribu hari pertama kehidupan (HPK), dimulai dari pemantauan ibu hamil, pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita dimana kegiatan ini dapat dilakukan di posyandu sebagai wadah kesehatan dasar atau usaha kesehatan berbasis masyarakat.

Pembinaan kader hari ini merupakan aksi kelima dari delapan aksi integrasi, intervensi dalam penurunan stunting, ujar Sarimpunan.

Menurut Asisten I, KPM dan Posyandu adalah kader masyarakat terpilih yang mempunyai kepedulian dan bersedia mengabdikan diri untuk ikut berperan dalam pembangunan manusia, diantaranya melalui peran penurunan dan pencegahan stunting di desa maupun kelurahan.

Baca Juga:  Bupati Labuhanbatu Hadiri Kick off Meeting LPKAD TA 2022

Inti dari pembinaan tersebut, Drs. Sarimpunan menyampaikan, KPM dan Posyandu memiliki tugas meningkatkan kapasitas dan kwalitas sumberdaya manusia di pedesaan, meningkatkan kepedulian serta pemahaman masyarakat dan pemerintah desa dalam penanganan dan pencegahan stunting .

Diakhir bimbinganya, Drs.Sarimpunan berharap, KPM dan Posyandu mampu meningkatkan peranserta dan partisipasi dalam proses penangan dan penurunan stunting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Labuhanbatu dimanapun berada. Pungkasnya.

Sementara sebagai Kepala OPD yang bertanggung jawab akan kegiatan ini, Abdi Jaya Pohan SH, mengatakan, adapun kegiatan pelaksanaan aksi ke lima konvergensi penurunan stunting hari ini untuk memastikan tersedia dan berfungsinya kader KPM dan Posyandu yang membantu pemerintah desa dalam melakukan penurunan stunting didesa dan Kelurahan.

Baca Juga:  Aksi Peduli Polres Tanggamus Pada Anak Disabilitas di HUT Bhayangkara ke 77

Selain itu menurut Abdi, kegiatan ini juga bertujuan untuk peningkatan pemahaman peran pokok dan fungsi KPM dan kader posyandu khususnya dalam memonitoring dan memfasilitasi konvergensi penurunan stunting serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat didesa dan Kelurahan masing-masing.ujar Abdi.

Adapun peserta pembinaan kali ini terdiri dari 75 orang kader KPM dan 75 orang kader posyandu dengan Nara sumber Kaban Bappeda Labuhanbatu , Kadis Kesehatan, Kadis BP2KB, Tenaga Ahli pemberdayaan masyarakat Desa, dan PKK Kabupaten Labuhanbatu. – SR

(Julip)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Asisten I: Peraturan Kesejahteraan Ibu dan Anak Perlu Dikuatkan dengan Undang-Undang Khusus

18 Mei 2024 - 06:31 WIB

Plt. Bupati Apresiasi Pelantikan 45 Anggota PPK di Labuhanbatu untuk Pilkada 2024

18 Mei 2024 - 06:16 WIB

Jalani Desk Evaluasi Lapas Medan Optimis Raih Predikat WBK

16 Mei 2024 - 22:39 WIB

Plt. Bupati Ajak Masyarakat Untuk Mensukseskan Program Bangga Kencana

16 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kaban BPBD Labuhanbatu MOU dengan Pengembang Perumahan Karya Mandiri Residence

16 Mei 2024 - 20:36 WIB

Polsek Firdaus Sergai Amankan Dua Anggota Geng Motor Meresahkan

16 Mei 2024 - 17:01 WIB

Trending di Berita Terkini