Menu

Mode Gelap
Saat Memasak Teh Disawah Pria Ini Tewas Tertimpa Longsor Polres Labuhanbatu Tangkap Pencuri Pupuk Dari Gudang PT. Smart Tim Gabungan SFQR Lanal Balikpapan Gagalkan Penyelundupan Kosmetik Ilegal Polisi Bekuk Pengedar Narkoba di Desa Helvetia, Sita 5 Paket Sabu Mabes Polri Dan Poldasu Temukan RumahTempat Pembuat Ekstasi

Kabar TNI-POLRI · 12 Agu 2022 12:02 WIB · waktu baca : ·

Antisipasi Bencana Alam dan Karhutla Polres Toba Gelar Apel Kesiapan


 Antisipasi Bencana Alam dan Karhutla Polres Toba Gelar Apel Kesiapan Perbesar

Toba, NET24JAM.ID – Dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta bencana banjir, Kepolisian Resor Toba pagi ini menggelar Apel Kesiapan dan Antisipasi Bencana Alam dan Karhutla di halaman apel Polres Toba. Jumat (12/8/2022).

Apel yang dipimpin langsung oleh, Kapolres Toba AKBP. Taufiq Hidayat Thayeb, SH. SIK., mengatakan Apel ini merupakan bentuk kesiapan kita dalam menanggulangi bencana, khususnya kebakaran hutan dan lahan.

“Dengan apel kesiapan personel serta sarana dan prasarana ini, kita dapat melihat bahwa Polres Toba bersama stakeholder terkait selalu siap setiap saat apabila ada bencana yang menimpa di Kabupaten Toba,” ujar Kapolres Toba.

Turut hadir dalam kegiatan yaitu Kapolres Toba AKBP. Taufiq Hidayat Thayeb, SH. SIK., Komandan Subdenpom Balige, Kepala BPBD Kab. Toba, Plt. Kadis Kesehatan Kab. Toba, Pabung Kodim 0210 TU Mayor Inf. K. Napitupulu, Wakapolres Toba Kompol LAMIN, SPd., Para PJU Polres Toba, Para Kapolsek Jajaran Polres Toba, Para Danramil 0210 TU, Perwakilan DPRD Kab. Toba, Personil Subdenpom Balige, Personil Polres Toba, Personil Kompi 125 Simbisa, Babinsa Koramil Sejajaran Kodim 0210 TU, Bhabin Kamtibmas Polres Toba, Perwakilan KPH Kab. Toba, Personil Sat PP Kab.Toba, Personil Damkar Kab.Toba dan Insan Pers.

Baca Juga:  Refleksi Idul Fitri Korelasi Antara Fitrah dan Pendidikan Integritas

Beberapa poin penekanan yang dibacakan oleh Kapolres Toba untuk dipedomani dan dilaksanakan, antara lain :
Tingkatkan Kepekaan, Kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam pelaksanaan tugas serta pahami tugas pokok dan peran masing-masing lalu Prioritaskan upaya pencegahan karhutla melalui pemberian sosialisasi dan edukasi secara terus menerus kepada masyarakat, dengan pemberdayaan bhabinkamtibmas, babinsa dan kepala desa serta pelibatan para tokoh masyarakat kemudian bangun posko terpadu serta laksanakan manajemen lapangan yang saling bersinergi dan terorganisasir dengan baik serta tidak penanganan bekerja sendiri-sendiri.karhutla harus dilakukan secara bersama dengan cepat dapat mencegah timbulnya titik api yang baru lalu manfaatkan teknologi untuk melakukan pemetaan dan monitoring di area rawan terjadinya karhutla serta melakukan modifikasi cuaca

Baca Juga:  Pembangunan Gudang Tanpa Izin Milik Kelong Diduga Kangkangi Undang Undang Ketenagakerjaan

Setelah itu berdayakan potensi masyarakat dan perusahaan dengan membentuk regu pengendalian kebakaran hutan yang bertugas melakukan patroli dan pemadaman api, Lakukan patroli secara rutin ke perusahaan / korporasi untuk mengecek sarana prasarana penanggulanan karhutla seperti embung air, kanal air, selang dan pompa air serta lain sebagainya tak lupa berikan solusi kepada masyarakat dan korporasi dalam pembukaan lahan dengan tidak melakukan pembakaran lahan setelah itu Lakukan langkah-langkah penegakan hukum yang tegas kepada seluruh pihak yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan, baik yang dilakukan oleh konsesi milik korporasi maupun masyarakat.

Baca Juga:  Tak Sempat Dapat Pertolongan Seorang Wanita Tewas Di Danau Toba Usai Terjatuh Dari Kapal Motor

Dalam kegiatan Apel Kesiapan dan Antisipasi Bencana Alam dan Karhutla ini, turut dilibatkan sejumlah personel diantaranya TNI, BPBD, serta pihak perusahaan dan relawan. Kapolres Toba Juga menambahkan bahwa Polres Toba juga sudah memetakan daerah rawan karhutla dan banjir.

“Melalui petugas Bhabinkamtibmas, Polres Toba sudah memetakan daerah mana saja yang rawan terjadi Karhutla dan banjir tahun ini, meski demikian, kami tetap mengajak masyarakat untuk bersama-sama berdoa dan berusaha menjaga alam, agar bencana seperti Karhutla dan banjir tidak melanda Kabupaten Toba,” pungkas Kapolres Toba.

(Bambang)

(Humas Polres Toba)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Saat Memasak Teh Disawah Pria Ini Tewas Tertimpa Longsor

15 Juni 2024 - 16:30 WIB

Polres Labuhanbatu Tangkap Pencuri Pupuk Dari Gudang PT. Smart

15 Juni 2024 - 16:19 WIB

Polsek Perbaungan Tangkap Pencuri Kios Pupuk di Sergai

14 Juni 2024 - 20:59 WIB

Polres Sergai Tangkap Pelaku Penggelapan Sepeda Motor di Teluk Mengkudu

14 Juni 2024 - 17:37 WIB

Tim Gabungan SFQR Lanal Balikpapan Gagalkan Penyelundupan Kosmetik Ilegal

14 Juni 2024 - 15:33 WIB

Polisi Bekuk Pengedar Narkoba di Desa Helvetia, Sita 5 Paket Sabu

14 Juni 2024 - 15:06 WIB

Trending di Berita Terkini