Menu

Mode Gelap
Idul Adha 1445 H, KSOP Utama Belawan Qurban 9 Ekor Lembu Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Kerahkan Personel Sukseskan MTQ Terpampang Wajah 15 Oknum Polrestabes Medan Jadi Buronan Pimpinan DPRD Sumut Sebut JTP Tidak Melanggar Kode Etik Rayakan Idul Adha 1445 H Lapas Medan Potong Hewan Kurban

Berita Terkini · 7 Des 2023 02:46 WIB · waktu baca : ·

Anak Derita Thalasemia Plus Gizi Buruk di Medan Labuhan Butuh Bantuan


 Andini Fitri Syafia Sitohang saat dirawat di RSUP H Adam Malik Medan. (foto istimewa) Perbesar

Andini Fitri Syafia Sitohang saat dirawat di RSUP H Adam Malik Medan. (foto istimewa)

NET24JAM.ID || Medan – Andini Fitri Syafia Sitohang seorang anak berusia 9 tahun warga Jalan Pancing I Gang Rela (Ujung) lingkungan 3 Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan Kota Medan Provinsi Sumatera Utara, menderita penyakit thalasemia plus gizi buruk. 

Terhimpit ekonomi, anak perempuan dari pasangan suami istri yakni Rudiono Sitohang dan Yuni Syahfitri yang hidup serba kekurangan berharap bantuan dari pemerintah maupun para dermawan.

Meskipun biaya pengobatan Andini Fitri Syafia Sitohang ditanggung BPJS Kesehatan. Disisi lain, Rudiono Sitohang dan Yuni Syahfitri kebingungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sang anak seperti biaya transportasi ke rumah sakit, susu makanan tambahan, vitamin serta obat di luar rumah sakit.

Murid kelas tiga di SD Negeri 067484 Medan ini ternyata sudah lima tahun menderita penyakit thalasemia plus gizi buruk tersebut.

Baca Juga:  Gubernur Sumut Dan Wali Kota Medan Sholat Idul Adha Dilapangan Gajah Mada Medan

“Biasanya dua minggu sekali rutin membawa anak kami berobat, namun sekarang kami tidak mampu membawanya karena tidak memiliki uang,” ujar Rudiono Sitohang saat dikunjungi awak media, Rabu (6/12/2023). 

Dia mengatakan bahwa Andini Fitri Syafia Sitohang berdasarkan rekam medis Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan, menderita animea, thalasemia plus gizi buruk. 

“Kami sekarang bingung karena kondisi dia (Andini Fitri Syafia Sitohang) semakin lemah dan akhir-akhir ini sering mengeluh kesakitan,” kata Rudiono. 

Dia mengaku, melalui Kepala Lingkungan (Kepling) 3 Kelurahan Besar yaitu Dedi Wahyudi, Andini Fitri Syafia Sitohang pernah mendapatkan bantuan dari salah seorang anggota DPRD Kota Medan. 

Baca Juga:  Bupati Labuhanbatu Menghadiri Yasin Akhbar Bersama Masyarakat 3 Kecamatan .

Disisi lain, Rudiono Sitohang sangat menyayangkan kurangnya perhatian dari  Kepala Kelurahan (Lurah) Besar, Kepala Kecamatan (Camat) Medan Labuhan dan Kepala Puskesmas, terhadap anaknya yang menderita penyakit thalasemia plus gizi buruk. 

“Dulu pernah, Kepala lingkungan 3 yakni Dedi Wahyudi minta bantu ke salah seorang anggota DPRD Kota Medan, lalu melalui anggota dewan ini pengurusan BPJS Kesehatan untuk anak kami terbantu,” Rudiono menyebutkan.

“Sedangkan untuk Lurah dan Camat serta kepala puskesmas belum pernah datang memberikan bantuan apalagi memperhatikan kondisi anak kami hingga saat ini belum pernah. Saat kami tanya dengan Kepling katanya mereka masih sibuk,” ujarnya lagi. 

Dia berharap adanya bantuan dari pemerintah maupun para dermawan demi keberlangsungan kesehatan Andini Fitri Syafia Sitohang. 

Baca Juga:  Presiden Jokowi : IKN Konsep Pembangunan Indonesia Sentris

“Kami mengharapkan uluran tangan dari pemerintah maupun para dermawan untuk membantu anak kami,” ucap Rudiono Sitohang dengan wajah penuh kesedihan. 

Terpisah, saat dikonfirmasi awak media melalui via WhatsApp, Rabu (6/12/2023), Kepala Kelurahan (Lurah) Besar Kecamatan Medan Labuhan, Gandi Gusri, S.STP., menyampaikan bahwa Rudiono Sitohang sudah diusulkan ke dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). 

“Bapak Rudiono sudah kita usulkan kedalam keluarga kurang mampu (DTKS) semoga cepat terealisasi dapat bansos, dan yang bersangkutan sudah kita laporkan ke puskesmas martubung agar dipantau dan dibantu untuk perobatannya. Saya sudah titipkan juga melalui kepling 3 Dedy Wahyudi untuk diperhatikan,” jawab Gandi. 

(Ridwan)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua DPD Tipikor Indonesia Apresiasi Inspektorat Periksa Desa-Desa di Labuhanbatu

20 Juni 2024 - 09:04 WIB

Terkait Video Mesum Mirip Sekda Taput, Polisi Layangkan Surat Panggilan Ke TS.

20 Juni 2024 - 08:57 WIB

Ali dan Mail Ditangkap dalam Transaksi Sabu di Negeri Lama

20 Juni 2024 - 08:46 WIB

Turnamen Olahraga Piala Kapolres Sergai Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78

19 Juni 2024 - 20:30 WIB

Idul Adha 1445 H, KSOP Utama Belawan Qurban 9 Ekor Lembu

19 Juni 2024 - 19:07 WIB

Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Kerahkan Personel Sukseskan MTQ

19 Juni 2024 - 12:43 WIB

Trending di Berita Terkini