Menu

Mode Gelap
Idul Adha 1445 H, KSOP Utama Belawan Qurban 9 Ekor Lembu Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Kerahkan Personel Sukseskan MTQ Terpampang Wajah 15 Oknum Polrestabes Medan Jadi Buronan Pimpinan DPRD Sumut Sebut JTP Tidak Melanggar Kode Etik Rayakan Idul Adha 1445 H Lapas Medan Potong Hewan Kurban

Berita Terkini · 22 Mar 2022 09:36 WIB · waktu baca : ·

Acara Ritual “Hahomion Martua Omaoma Pagabe Taon” di Makam Raja SilahiSabungan (Maras)


 Acara Ritual “Hahomion Martua Omaoma Pagabe Taon” di Makam Raja SilahiSabungan (Maras) Perbesar

SilahiSabungan, NET24JAM.lD – Acara kegiatan “Hahomion Martua Omaoma Pagabe Taon” yang diadakan di “Jabu Parsaktian” keturunan Opung SilahiSabungan, yang berada tepatnya di kawasan Tugu Makam Raja SilahiSabungan di Dusun Maras, Desa Silalahi lll, Kecamatan SilahiSabungan, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara, yang dilaksanakan pada hari Selasa 22/03/2022.

Acara kegiatan “Hahomion Martua Omaoma Pagabe Taon” dihadiri oleh Bupati Dairi Edi K Ate Berutu, Kepala Dinas Pariwisata Dairi, Landong Napitu S.IP (Camat SilahiSabungan), Ardonius Sidebang (Kepala Desa Silalahi l), Belman Silalahi (Kepala Desa Silalahi l), Rincon Situngkir (Kepala Desa Silalahi lll), Hehe Raya Sihaloho (Kepala Desa Paropo), Sardi Situngkir (Kelapa Desa Paropo l).

Duma Ratnawati Pangaribuan STr.Keb MKM, Aiptu M Munthe (Bhabinkamtibmas Pospol SilahiSabungan Polsek Sumbul), Praka E Simbolon (Babinsa Koramil 01 Sumbul),  serta tentunya 8 (Delapan) Raja Turpuk, yang mengawali dari 8 keturunan Opung SilahiSabungan, Para tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ruben Sadaman Pintu Batu (Tokoh Pemuda dan Ketua PAC Golkar SilahiSabungan) juga dari Perantau yang diwakili oleh Ketua Gema 1281 Sinurat.

Dalam kegiatan acara ini dimulai dari berjalan kakinya 8 Raja Turpuk, Bupati Dairi berserta tamu dan para warga masyarakat dari Gereja Katolik sampai ke Maras (Makam Raja SilahiSabungan) dan di tempatkan di Jabu Parsaktian, kegiatan ini  berkerjasama dengan Disparbudpora Dairi (Pemkab Dairi), Raja Turpuk. dan seluruh warga masyarakat Kecamatan SilahiSabungan serta keturunan SilahiSabungan.

Bupati Dairi Edi K Ate Berutu menyampaikan dalam kata sambutannya mengatakan bahwa Dairi masuk dalam wisata Danau Toba itu karena Kecamatan SilahiSabungan.

Baca Juga:  Bupati Labuhanbatu Berikan LKPJ Tahun 2022 di Rapat Paripurna DPRD

Edi K Ate Berutu mengatakan bahwa perlunya kesadaran masyarakat untuk selalu sadar akan lingkungan, karena turis juga melihat akan kebersihan, sehingga mereka betah berada di tempat kita.

Kita tahun ini akan menerima manfaat yaitu mulai dari Lae Pondom sampai perbatasan Paropo-Tongging akan ada pelebar jalan, dan banyak mendapatkan pembangunan.

Akan ada pembangunan di Rumah Tanggal, ada juga bantuan dari Pusat bangunan 2-3 lantai, juga pembangunan dermaga di Desa Paropo akan selesai pada tahun ini, sebut Bupati Dairi ini.

Kita Pemerintah Kabupaten Dairi, siap untuk membangun Kecamatan Silahi Sabungan, namun sekarang apakah warga masyarakat Kecamatan SilahiSabungan siap dan mau menerima manfaat tersebut, jika tidak, maka anggaran tersebut akan di kembalikan ke Pusat.

Saya berharap agar perjuangan kami dalam mengusulkan anggaran, janganlah sampai itu sia-sia, untuk itu mari kita bersama-sama membangun budaya kita, agar kedepannya budaya seperti ini terus dilestarikan, sehingga dapat menarik minat wisatawan mancanegara, ungkapnya.

Aman Situngkir sebagai Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Silalahi lll menyampaikan bahwa kegiatan ini juga dapet menarik wisatawan lokal dan mancanegara, sehingga harus terus dilakukan juga dilestarikan menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata yang ada di Kecamatan SilahiSabungan, terlebih Desa Silalahi lll.

Silalahi lll memiliki banyak tempat yang harus dikunjungi juga, seperti “Kampung Tenun Ulos” dan Giowisata, Siattaratas ada Batu Sohaliatan, Aek Sok-sok, Pantai Rumah Tanggal, semuanya itu berada di Desa Silalahi lll, dan tidak ketinggalan Tugu Makam Raja SilahiSabungan (Maras) juga berada di Desa Silalahi lll, sebut Aman Situngkir.

Baca Juga:  Utang Luar Negeri Indonesia Turun Drastis Pada Triwulan I Tahun 2022

Salah seorang Raja Turpuk dari Turpuk Situngkir, Amon Situngkir mengatakan bahwa kegiatan acara ini juga yang diawali dengan acara Mangguras Horbo yang dagingnya akan di bagikan kepada seluruh warga masyarakat SilahiSabungan.

Baca Juga:  Setubuhi Anak Dibawah Umur Remaja 17 Tahun Ditangkap Unit PPA Polres Toba

Semoga dengan acara ini, masyarakat kita semakin sejahtera, seluruh tanaman pertanian kita di berkati, kita meminta kepada yang kuasa, agar kiranya hasil pertanian kita semakin berlimpah, harap Raja Turpuk Situngkir.

Dan seorang warga yang bermarga Silalahi yang namanya tidak ingin dicantumkan mengharapkan semoga hasil pertanian tahun ini dapat berlipat ganda, dan acara seperti ini terus dapat dilakukan, karena ini budaya serta tradisi yang dikerjakan setiap tahunnya sejak dari Opung SilahiSabungan, tuturnya. (MB Napitupulu)

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Turnamen Olahraga Piala Kapolres Sergai Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78

19 Juni 2024 - 20:30 WIB

Idul Adha 1445 H, KSOP Utama Belawan Qurban 9 Ekor Lembu

19 Juni 2024 - 19:07 WIB

Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Kerahkan Personel Sukseskan MTQ

19 Juni 2024 - 12:43 WIB

Terpampang Wajah 15 Oknum Polrestabes Medan Jadi Buronan

19 Juni 2024 - 12:02 WIB

Pimpinan DPRD Sumut Sebut JTP Tidak Melanggar Kode Etik

19 Juni 2024 - 10:44 WIB

Plt Bupati Labuhanbatu Sholat Idul Adha di Lapangan Ikabina Rantauprapat

18 Juni 2024 - 11:24 WIB

Trending di Berita Terkini