Menu

Mode Gelap
Bersama Ratusan Masyarakat Plt Bupati Ikuti Senam Sehat di Car Free Day Caleg Partai PAN Dominasi Lima Kecamatan Di Deli Serdang PSI Tapanuli Utara Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu, Ada Apa? 102 Peserta Ikuti Seleksi MTQ Tingkat Kecamatan Bandar Huluan Tahun Baru Imlek 2575 Plt Bupati Labuhanbatu Patroli Dan Kunjungan Ke Vihara Dan Klenteng

Warta TNI-POLRI · 25 Jan 2022 16:52 WIB · waktu baca : ·

3 TKI Ilegal Ditangkap di Tanjung Balai, Polairud Polda Sumut Tahan Kapal dan ABK


 3 TKI Ilegal Ditangkap di Tanjung Balai, Polairud Polda Sumut Tahan Kapal dan ABK Perbesar

Saat Petugas Menangkap Kapal, ABK dan TKI Ilegal.


Tanjung Balai, NET24JAM.ID – Kapal Patroli Polairud Polda Sumatera Utara (Sumut) berhasil menangkap TKI Ilegal tanpa dokumen yang hendak memasuki Negara Jiran Tetangga Malaysia untuk bekerja pada Minggu (23/1/2022) sekira pukul 22.00 Wib. 


Kapal Patroli Polairud Polres Tanjung Balai  dengan Kapal Nomor Lambung 2004 yang dipimpin oleh Aipda Hangatno SH MH dan Kapal Patroli dengan Nomor Lambung 2002 dipimpin Aipda Rudy Way saat berpatroli di perairan Tanjung Balai berhasil menangkap Kapal tanpa nama dan berhasil mengamankan Tiga orang TKI Ilegal tanpa Dokumen.



Selain itu, juga turut diamankan Dit Polairud Satu  Nahkoda Kapal dan dua Anak Buah Kapal (ABK). Namun saat ketiganya dibawa ke Mako Sat Polrairud Polres Tanjung Balai tepatnya di simpang Pemotongan Haji Nuli salah satu anak buah kapal mencoba kabur dengan melompat ke air dan berhasil kembali diamankan.

Baca Juga:  Prajurit Yonmarhanlan VI Temukan Korban Laka Laut di Perairan Selayar

Selanjutnya ketiga TKI Ilegal dan satu Nahkoda Kapal serta dua ABK Kapal diboyong ke Mako Ditpolairud Polda Sumut.

Diketahui ketiga TKI Ilegal tanpa Dokumen tersebut satu orang berasal dari Madura dan dua lainnya berasal dari Kabupaten Batu Bara.

Selanjutnya, Ketiga TKI Ilegal dan Satu Nahkoda kapal serta dua Anak Buah Kapal dibawa ke Ditpolairud Polda Sumut guna pemeriksaan lebih lanjut, sementara kapal tanpa nama tersebut diamankan di Mako Sat Polairud Polres Tanjung Balai diberi Police Line sebagai barang bukti.

Salah seorang Nahkoda atau yang biasa disebut dengan Tekong bernama Jamaludin (40) warga Patembo Tanjung Balai saat diinterogasi mengatakan bahwa dirinya baru kali pertama membawa ketiga TKI Ilegal tersebut.

Baca Juga:  HUT Lalu Lintas Bhayangkara Ke 67 Polres Tanjung Balai Gelar Bakti Sosial

Jamaludin mengaku tidak mengenal satu sama lainnya serta siapa cukongnya, saat ditanya petugas diduga rencananya akan kembali setelah membawa sewa lainnya di lampu terapung merah serta tidak tau akan dibayar berapa.

“Baru sekali ini saya membawa sewa   menuju Malaysia dan saya tidak bertemu Cukong bernama Dedek dan Agus dan tidak tau berapa nantinya saya akan diberi upahnya,” ujar Jamaludin.

Di kesempatan yang sama petugas juga mengintrogasi Bambang (40) menanyakan siapa cukong yang disebut sebut bernama Dedek dan Agus juga tidak mengetahui pasti hanya mengatakan Dedek dan Agus yang memerintahkan dirinya membawa TKI Ilegal tersebut untuk dibawa ke Malaysia melalui perairan Tanjung Balai dengan menggunakan Kapal  tanpa nama yang di Nahkodai oleh Jamaludin dan saat berapa upah juga tidak mengetahui berapa pastinya.

Baca Juga:  Lantamal IV Kibarkan Sang Merah Putih di Dasar Pantai Trikora



“Saya hanya diperintah oleh dua orang cukong bernama Dedek dan Agus untuk membawa ketiga TKI ini ke Jamaludin untuk dibawa ke Malaysia dan saya tidak tau pasti Dedek dan Agus warga mana, hanya mendengar Dedek tinggal di Simpang Gang Darmang,” tandas Bambang.

Terpisah, saat dikonfirmasi awak media, Humas Polairud Polda Sumut, Brigpol Nanda membenarkan adanya penangkapan tersebut.

“Ya benar, masih proses penyidikan,” paparnya, Selasa (25/1/2021) melalui via WhatsApp.

Penulis : Fendi

Editor   : Misdi

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kapolres Pelabuhan Belawan Himbau Warga Datang ke TPS Besok , Untuk Memilih Dalam Pemilu 2024.

13 Februari 2024 - 23:27 WIB

Polsek Medan Baru Mengamankan Pelaku Pungli Loding Muat Mobil Yang Di Mintai 50.000 Ribu

4 Februari 2024 - 09:14 WIB

Gercep!! Polisi Peduli Korban Kebakaran di Medan Marelan

30 Januari 2024 - 16:00 WIB

Dankormar Pimpin Sertijab Inspektur Korps Marinir

27 Januari 2024 - 01:53 WIB

Satlantas Giat Police Goes to School di MAN 4 Medan

20 Januari 2024 - 23:50 WIB

Pasca Tawuran di Belawan, Kapolres Sampaikan Rasa Duka Cita

18 Januari 2024 - 23:38 WIB

Trending di Berita Terkini